3 Hal Sederhana Yang Sering Terabaikan Pada Saat Berbelanja Di Online Shop

 
Praktis dan hemat, seringkali menjadi ciri yang khas ditawarkan lewat berbelanja online. Buyeratau konsumen seringkali mengabaikan hal-hal kecil terkait detail produk yang akan dibeli di suatu situs online. Situs online terpercaya biasa kita peroleh dari search engine (google, yahoo, youtube, dsb…), obrolan teman sejawat, media sosial (instagram, facebook, iklan-iklan produk, dan lainnya).  Seringkali kita dibuat kecewa dengan barang yang telah sampai, lalu berkomentar buruk dengan situs penyedia barang atau jasa, padahal belum tentu kesalahan pada mereka. Oleh sebab itu hal sederhana berikut ini yang harus diperhatikan saat ingin berbelanja online:

1. Ask to Know

Pertanyaan sesingkat size, bahan, garansi pembelian, biaya pengiriman, lama nya waktu pengiriman, brand, warna, serta kemiripan produk lewat gambar yang ditawarkan menjadi point utama dalam berbelanja. Jangan malu bila berkonsultasi via email atau telepon bila ada hal yang tidak dimengerti terkait detail produk, harga yang ditawarkan (terutama yang berkaitan dengan special price), waktu pengiriman yang sudah melewati tenggat. Minimal KEPO (knowing every particle things)-lah dengan barang yang hendak dibeli, terutama bagi para newbie. Kadang kita menjadi orang paling tidak sabaran untuk menunggu balasan terkait produk yang kita beli di situs online shop. Perhatikan jam konsultasi via email atau telepon bila ingin berkonsultasi agar memperoleh fast respond dari layanancostumer service.
blanja.com
Hal ini tidak akan memakan waktu lama anda didepan layar untuk berkonsultasi dicostumer service bila situs berbelanja online sudah  menampilkan detail yang jelas berkaitan dengan barang yang hendak dibeli, seperti situs online  http://blanja.com yang cukup lengkap dan terpercaya terutama kemudahan akses dalam pemilihan barang yang hendak dibeli.

2. Special Price

Special Price biasanya hanya berlaku untuk produk atau hari-hari tertentu bagi penyedia online shop. Jadi jangan mudah tergiur bila semua barang di suatu situs online shop jauh lebih murah dibanding harga pasaran lainnya terutama barang-barang branded, ataupun sebaliknya, harga mahal tidak pula menjamin barang tersebut sesuai keinginan anda. Harga merupakan salah satu penentu dalam keputusan pembelian oleh konsumen. Setiap orang menginginkan harga yang murah namun dengan kualitas maksimal, bukan tidak mungkin hal ini dapat anda peroleh bila anda rajin mengumpulkan informasi terkait barang yang hendak anda beli kemudian mempertimbangkan setiap kemungkinan terkaitspecial price beserta limited time nya. 

blanja.com
3. Policy terms

It’s important untuk membaca setiap kebijakan yang berlaku terkait tata cara pengembalian barang yang seringkali diabaikan oleh kosumen dengan anggapan semua kebijakan dalam membeli online sama tanpa membaca terlebih dahulu. Karena barang yang dibeli biasanya tidak bisa dilihat secara fisik hanya lewat gambar yang tersedia, oleh sebab itu harus ada garansi terpercaya bila barang yang dikirim cacat atau tidak sesuai spesifikasi. Anda boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uang anda kembali 100 % dengan adanya bukti transaksi yang lengkap. 

Walau terkadang barang yang dibeli terlihat murah, dan memperoleh barang tidak sesuai keinginan, jarang sekali masyarakat untuk complain kembali barang tersebut terkait tata cara pengembalian barang yang rumit. Namun disisi lain dengan adanya complain tersebut dapat membantu meningkatkan kinerja dari situs penyedia online shop agar lebih baik dalam berkembang.

Sebelum berbelanja perhatikan 3 hal sederhana diatas ya, jadilah pembeli yang bijak and get what you wanted guys :) :) :)

Attention!!!!
Please comment .....OK